Bagikan

Ambon, 11 Desember 2025 - PLN terus memperkuat kesiapan sistem kelistrikan di wilayah Maluku dan Maluku Utara menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2026. Upaya ini dilakukan untuk memastikan pasokan listrik tetap andal, aman, dan berkelanjutan seiring meningkatnya kebutuhan listrik selama periode perayaan.

 

Sebagai bagian dari penguatan pengamanan kelistrikan Nataru, Executive Vice President Operasi Distribusi Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara (EVP ODM) PT PLN (Persero), Ignatius Rendroyoko, melakukan kunjungan kerja sekaligus supervisi ke PLTMG Ambon Peaker dan BMPP Nusantara 1. Dalam kunjungan tersebut, EVP ODM disambut oleh Iwa Dwi Yahya, Supervisor Senior Unit PLTMG Ambon, serta Riki Rahim, Supervisor Senior Unit BMPP Nusantara 1.

 

Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan pembangkit serta mengevaluasi kondisi sistem kelistrikan yang akan menopang kebutuhan listrik pada puncak aktivitas perayaan Nataru. Selain pemeriksaan teknis, dilakukan pula diskusi strategis untuk mengantisipasi potensi tantangan, seperti peningkatan beban sistem dan dinamika kelistrikan di wilayah kepulauan.

 

PLTMG Ambon Peaker dan BMPP Nusantara 1 merupakan pembangkit strategis yang dikelola secara penuh melalui layanan Operation & Maintenance (O&M) oleh PLN IP Services. Kedua pembangkit tersebut menjadi tulang punggung (backbone) sistem kelistrikan Pulau Ambon, sehingga keandalannya memegang peranan penting dalam menjaga kontinuitas pasokan listrik bagi masyarakat.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ignatius Rendroyoko menyampaikan apresiasi kepada seluruh tim operasional PLN IP Services atas dedikasi dan kinerja yang konsisten dalam menjaga keandalan pembangkit.

 

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada tim PLN IP Services di BMPP Nusantara 1 dan PLTMG Ambon Peaker atas kinerja yang luar biasa. Kedua pembangkit ini merupakan backbone sistem kelistrikan Pulau Ambon. Dedikasi, kerja keras, dan konsistensi rekan-rekan sangat menentukan terjaganya pasokan listrik yang andal dan aman bagi masyarakat Ambon,” ujarnya.

 

Direktur Utama PLN IP Services, Hari Cahyono, menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung pengamanan kelistrikan Nataru melalui layanan O&M pembangkit dengan menjadikan keselamatan sebagai prioritas utama.

 

“PLN IP Services berkomitmen penuh menjaga keandalan pembangkit melalui layanan O&M dengan mengutamakan keselamatan sebagai kunci utama keandalan pembangkit. Menjelang Nataru, seluruh tim PLN IP Services dalam kondisi siaga untuk memastikan pembangkit beroperasi optimal, sehingga masyarakat Ambon dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan aman dan nyaman,” ujar Hari Cahyono.

 

Ia menambahkan bahwa sinergi ini menjadi kunci dalam menjaga keandalan sistem kelistrikan, khususnya di wilayah kepulauan yang memiliki tantangan geografis tersendiri.

 

Melalui kesiapan pembangkit, penguatan sistem, serta dedikasi seluruh insan PLN IP Services, perusahaan optimistis dapat terus memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Maluku dalam menyambut perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026.

Informasi dan berita terbaru mengenai PLN Indonesia Power Services dapat diakses melalui portal resmi: www.plnipservices.co.id

 

Komunikasi Korporat

PLN Indonesia Power Services

 

Sekilas Tentang PLN Indonesia Power Services

PT PLN Indonesia Power Services adalah anak perusahaan PT PLN Indonesia Power (PT PLN IP) yang merupakan subholding PT PLN (Persero). PT PLN IP Services menyediakan solusi energi terbaik, terkini, dan terintegrasi dibidang ketenagalistrikan melalui 6 (enam) bisnis inti yaitu Operation & Maintenance, Supply Energy, Maintenance Repair & Overhaul, EPC Services, Rental Power Services, dan Strategic Part. PT PLN Indonesia Power Services selalu berkomitmen untuk memberikan High Quality Service For Sustainable Energy Solutions.

Berita Terkait