Bagikan

PLN Indonesia Power Services telah melaksanakan Apel Bulan K3 Nasional 2025 dengan tema “Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia dalam Mendukung Penerapan Sistem Manajemen K3 (SMK3) untuk Meningkatkan Produktivitas” dan sub-tema PLN Group “Penguatan Budaya K3 dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Pada Era Transisi Energi untuk Mendukung Produktivitas Menuju Zero Harm Zero Loss”. Acara yang diselenggarakan secara hybrid di Kantor Pusat dan di Unit Kerja PLN IP Services.

 

Hari Cahyono, Direktur PLN IP Services, bertindak sebagai pembina apel dan menyampaikan sambutan yang menyampaikan komitmen perusahaan dalam memperingati Bulan K3 Nasional. Dalam sambutannya, Hari Cahyono menyatakan, “Mulai dari 12 Januari hingga 12 Februari 2025, kita akan memperingati Bulan K3 Nasional yang diselenggarakan serentak di seluruh tanah air. Tema tahun ini sejalan dengan misi Presiden dalam Kabinet Merah Putih, khususnya dalam meningkatkan nilai tambah industri di dalam negeri melalui hilirisasi dan industrialisasi. Kita berada di era transisi industri 4.0 menuju 5.0, yang menuntut kita untuk berinovasi dan bertransformasi, termasuk dalam pelaksanaan K3.”

 

Hari Cahyono juga menekankan pentingnya perlindungan tenaga kerja di tengah era industrialisasi yang berkembang pesat, di mana pengendalian bahaya di tempat kerja harus dilakukan dengan inovasi agar tetap efektif dan efisien. “K3 adalah hak dasar setiap tenaga kerja dan merupakan aspek penting dalam perlindungan ketenagakerjaan. Dengan penerapan K3 yang baik, kita dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan produktif,” ujarnya.

 

Selanjutnya, acara ini dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan Komitmen Bersama K3 oleh jajaran Direksi dan Eksekutif PLN IP Services. Komitmen ini menegaskan tekad perusahaan untuk terus memperkuat budaya K3 dan meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia dalam mendukung produktivitas dan keselamatan kerja.

 

PLN IP Services juga mengumumkan hasil Excelent HSE Performance untuk periode tahun 2024, di mana PLTU Kalbar 1 meraih Juara 1, diikuti oleh PLTMG Sorong sebagai Juara 2 dan PLTD Nusa Penida sebagai Juara 3. Pengumuman ini memberikan apresiasi kepada unit-unit yang berhasil menerapkan K3 dengan baik.

 

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan, PLN IP Services juga meluncurkan 7 Rules HSE dan E-Safety Report, sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap standar keselamatan dan kesehatan kerja di seluruh unit operasional perusahaan.

 

Dengan semangat bersama, PLN Indonesia Power Services terus mengedepankan K3 sebagai budaya kerja utama dalam mencapai Zero Harm Zero Loss, demi mewujudkan lingkungan kerja yang aman dan produktif.

 

 

Komunikasi Korporat

PLN Indonesia Power Services

Email: komunikasi.korporat@plnipservices.co.id

Telepon: +62 877-1192-1182

Berita Terkait